Minggu, 23 Januari 2011

INSTALASI IVR (INTERACTIVE VOICE RESPONSE)

Instalasi IVR
PERCOBAAN 7
INSTALASI IVR (INTERACTIVE VOICE RESPONSE)
7.1. Tujuan :
Setelah melaksanakan praktikum ini mahasiswa diharapkan mampu :
• Melakukan instalasi hardware Dialogic board D/41JCT-LS atau D/4-PCI U
• Melakukan instalasi software Dialogic ver.5.011 atau 5.11
• Merekam dan memainkan file suara dengan program SAMPLE untuk beberapa metode sampling
• Melakukan deteksi digit dan pen-dial-an melalui program SAMPLE
7.2. Peralatan :
• PABX
• 2 jalur analog dan 1 jalur digital
• 2 pesawat Telepon (1 Analog dan 1 Digital)
• 1 PC dilengkapi dengan Dialogic Card D/41JCT-LS atau D/4-PCI U
7.3. Teori :
Teknologi Computer Telephony Integration (CTI) merupakan teknologi gabungan antara disiplin ilmu Informasi dan Telekomunikasi. Salah satu jenis teknologi CTI yang mendukung layanan umum adalah IVR (Interactive Voice Response). Teknik IVR ini banyak digunakan untuk sistim layanan berbasis telepon, seperti layanan pengisian pulsa, tagihan telepon, PLN, Phone Banking, Layanan minimarket, nilai siswa, Cerita Anak-anak via Telepon sampai Ramalan Bintang.
Teknologi ini memanfaatkan database suara yang disimpan di dalam komputer, yang dapat dipanggil melalui telepon, selanjutnya dimainkan sesuai dengan pilihan yang diketikkan pelanggan melalui keypad teleponnya.
Blok Diagram dasar dari sistim IVR ditunjukkan pada gambar 7.1.
ComputerPBXTelepon 1Telepon 2Card
Gambar 7.1. Blok Diagram Sistim IVR
Untuk menjadi Server IVR, sebuah PC perlu dilengkapi dengan Voice Processing Board. Board ini mempunyai fungsi mengolah suara yang direkam, mendeteksi digit yang ditekan melalui pesawat telepon, mendeteksi call progress sampai melakukan dial ke nomor tertentu. Dialogic Card adalah salah satu jenis piranti Voice Processing Board.. Ada beberapa jenis Voice card yang diproduksi oleh Intel, disesuaikan dengan jumlah kanal yang disediakan dan jenis bus pendukung : CT atau SC bus, ISA atau PCI bus maupun jenis fasilitas yang disediakan (untuk voice saja, voice dan fax, ISDN dan conferencing). Semakin banyak fasilitas yang disediakan, jenis kanal yang tersedia dan Operating System terbaru yang mendukung, semakin mahal harga card tersebut.
Dialogic Card yang digunakan dalam praktikum ini adalah type : D/41JCT-LS atau D/4PCI-U. Card D/41JCT-LS mempunyai 4 kanal, merupakan Card dengan versi J, menggunakan CT bus, dapat dioperasikan dengan platform Windows 2000 /NT/ Linux. Sedangkan Card D/4PCI-U juga mmpunai 4 kanal telepon dan berbasis slot PCI. Bentuk fisik dari D/4PCI-U adalah seperti gambar 7.2.
Percobaan 7. 62
Instalasi IVR
Gambar 7. 2. Bentuk Fisik Dialogic Card D/41JCT-LS
7.4. Prosedur Percobaan :
1. Instalasi dan konfigurasi Hardware dan software
Prosedur :
1. Install Dialogic System Software, pilih opsi Typical.
2. Run Dialogic Configuration Manager (DCM).
3. Dari window DCM, klik Add Device, pilih board yang akan di-install. Perhatikan gambar 7.3.
4. Pada Layar ke-2, ketik nama board, seperti gambar 7.4.
5. Klik Next untuk men-display kan DCM property sheets dari board. Property sheet ini mendisplaykan parameter konfigurasi board. Nilai-nilai parameter ini berguna saat pengesetan jumper dan switch dari board.
6. Keluar dari DCM.
7. Shut down PC.
8. Pemasangan Board :
Buka tutup chasis PC, cari slot PCI yang kosong. Pasangkan Card pada slot kosong tadi. Sebelumnya, pastikan SW30 (rotary switch) = 0 �� menyatakan bahwa board diidentifikasi secara otomatis. SW 4 = Off �� pemanggil akan mendengar nada dering, meskipun komputer sedang mati.
Percobaan 7. 63
Instalasi IVR
Gambar 7. 3. Add Hardware Wizard pada DCM – Langkah 1
Gambar7.4. Add Hardware Wizard pada DCM – Langkah 2
Percobaan 7. 64
Instalasi IVR
9. Running Dialogic System Service : Click opsi Start Service dari menu Service, yang menyebabkan Dialogic Board bekerja / aktif. Model pengaktifan ini ditunjukkan dengan progress bar di sisi kanan atas display. Apabila Dialogic System Service mulai bekerja, Dialogic System Service Status pada window utama DCM menandakan Running.
Untuk melihat apakah board sedang aktif, perhatikanstatusini
Gambar 7.5. Start Dialogic System Service
2. Mencoba Sample Program
a) Polled Mode Phone Answering Demo Program :
Program ini digunakan untuk merekam suara melalui pesawat telepon. Suara yang telah direkam di salah satu kanal, dapat dimainkan kembali. Sebelum mencoba program ini, pastikan bahwa Dialogic Board sudah di-run dengan baik.
Percobaan 7. 65
Instalasi IVR
Prosedur :
1. Panggil Polled Mode Phone Answering Demo Program, pada Dialogic SAMPLE program.
2. Klik Open Dialogic Channel, untuk menampilkan kanal mana saja yang dapat dihubungi (dari 4 kanal yang tersedia). Masing-masing kanal sudah terhubung dengan jalur telepon PABX dengan ekstensi : 1234, 2234, 3234 dan 4234.
3. Panggil salah satu nomor kanal melalui pesawat telepon lain.
4. Saat terdengar komentar, tunggu sampai ada kesempatan memasukkan message / pesan. Bicaralah pada saat itu (pada layar ditunjukkan dengan ”Recording ...”). Setelah komentar selesai, tutup pesawat telepon.
5. Dial lagi nomor yang sama. Saat terdengar komentar yang sama, tekan nomor sesuai nomor dial tadi. Suara kita yang terekam akan diperdengarkan.
6. Tutup pesawat telepon.
Gambar 7.6. Display dari Polled Mode Phone Answering Demo Program
Percobaan 7. 66
Instalasi IVR
b) Multi Threaded Program :
Program ini digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi dasar dari IVR, seperti perekaman suara, memainkan suara, mendeteksi digit, mendial nomor tujuan. Sebelum mencoba program ini, pastikan bahwa Dialogic Board sudah di-run dengan baik.
Prosedur :
1. Panggil Multi Threaded Program pada Dialogic SAMPLE Program.
2. Pilih Open pada menu File. Klik OK, untuk membuka salah satu kanal (default : DxxxB1C1 – board 1 kanal 1). Bisa juga membuka ke-empat kanal secara bersamaan.
3. Pilih Off-hook pada menu Function.
4. Pilih salah satu fungsi yang ada pada function menu, dan modifikasi pilihan tadi melalui menu Option.
5. Contoh : men-dial sebuah nomor tertentu. Pada menu function, pilih DIAL, ketik nomor telepon yang akan di-dial, tekan OK.Dialogic akan memanggil nomor yang dipilih tadi sampai nomor tersebut diangkat.
Gambar 7.7. Display dari Menu Function untuk men-dial nomor tertentu.
Percobaan 7. 67
Instalasi IVR
Percobaan 7. 68
Instalasi IVR
7.5. Pertanyaan & Tugas :
1. Sebutkan aplikasi layanan apa saja (selain yang telah disebutkan pada pendahuluan praktek ini) yang anda ketahui dengan menggunakan IVR ?
2. Jika anda diminta untuk mendisain program layanan tagihan telepon melalui telepon, buatlah flow chart cara peng-akses-an layanan tersebut oleh user. Pilihan yang disediakan adalah : tagihan PSTN, tagihan Telkomnet Instan dan tagihan Speedy. User hanya menekan digit pada keypad untuk melakukan pilihan. Sertakan parameter apa saja yang diperlukan untuk melakukan peng-akses-an ini.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com