Jumat, 03 Desember 2010

akuiver ( aquifer)

berdasarkan sifat dan sikapnya terhadap air, maka batuan dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat) macam, yaitu:

  1. Akifer adalah batuan yang dapat menyimpan dan meloloskan air di dalam tanah, dicirikan dengan nilai porositas dan permebilitas yang tinggi. Di Cekungan Bandung, batuan yang dapat bertindak sebagai akifer umumnya adalah lapisan batuan hasil letusan gunungapi.
  2. Akiklud dibentuk oleh batuan atau sedimen yang bertindak sebagai penghalang (barier) bagi aliran airtanah. Akiklud tersusun oleh batuan atau sedimen yang memiliki sifat permeabilitas yang rendah, seperti pada serpih atau lempung. batuan yang bersifat akiklud dapat menyimpan air, tetapi tidak dapat mengalirkan dalam jumlah yang berarti.
  3. Akitar, adalah batuan yang mempunyai susunan sedemikian rupa, sehingga dapat menyimpan air tetapi hanya dapat mengalirkannya dalam jumlah yang terbatas, contohnya adalah pasir lempungan, atau lempung pasiran.
  4. Akifug, adalah lapisan yang kebal terhadap air (impermeable layer), yaitu batuan yang tidak dapat menyimpan dan mengalirkan air; contohnya adalah batuan beku yang tidak memiliki rekahan

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com